Parade Teater Jawa timur 2016 yang diselenggarakan Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur melalui UPT taman Budaya Jatim yang berlangsung selama dua hari. Dan bertempat di dalam dan luar gedung Cak Durasim UPT Taman Budaya Jatim.
Parade ini dimeriahkan enam grup teater yang sudah lolos melalui seleksi pengiriman video. Enam grup teater yang terpilih dari 13 video yang di terima, antara lain teater Cowboy dari kota Malang, Sangbala Next Theatre dari kota lamongan, Manusia Teater dari kota Surabaya, Teater Hompimpah dari kota Malang, Teater Bangkang dari kabupaten Bangkalan, dan Language Theater Indonesia dari kabupaten Sumenep. 
Mahasiswa AKN Sumenep yang kerap di sapa Mustaqim dan Helmi diberi kesempatan emas untuk bisa unjuk kemampuan dalam dunia teater. Mereka bergabung dalam grup Language Theathe Indonesia mengikuti Parade Teater jatim 2016.
“Saya merasa senang bisa terlibat dalam Parade Teater Jatim”, unggkap mustaqim saat ditemui di kampus AKNS. 
Seusai semua grup menampilkan kepiawaian masing-masing. Ada sesi khusus dialektika bersama dengan sastrawan yang juga pengamat teater kawanan Afrizal Malna yang mengatakan, parade teater membuat catatan baru dalam sejarah di Indonesia, tidak hanya di Jatim.
“pertunjukan Language Theatre belum saya saksikan yang sebelumnya. Artinya bentuk teater seperti itu belum saya temukan, dan saya baru menemukannya disini. Saya punya kesan tersendiri ketika melihat itu,” ungkapnya.


Terbaru

Partisipasi Mahasiswa Baru pada Upacara HUT RI ke-72 di halaman PEMDA Sumenep Pembukaan Orientasi dan Pengenalan Kampus 2017 Mahasiswa AKNS Ikuti JJS dalam Acara HUT Jawa Pos Radar Madura ke-18 BEM AKNS Bagi-Bagi Takjil Workshop E-Commerce Regenerasi Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Sumenep